Workshop mompreneur bersama LivingLoving

Semenjak pulang ke Indonesia, dan memulai lagi karir yang huhu ternyata tak semudah yang dibayangkan, saya selalu kepikiran untuk bisa bekerja dari rumah, berpenghasilan tetap, namun tetap bisa mengawasi anak-anak.

Selama 6 bulan kemarin, saya bekerja full time sebagai konsultan di bidang peatland restoration untuk Millenium Challenge Account – Indonesia. Pekerjaannya menyenangkan, sesuai bidang, dan tidak banyak menuntut over time dan alhamdulillah pendapatan tetap sangat lumayaaaan haha.

Tapiiii dan kemudian proyeknya selesai, saya kembali jadi stay at home ibu, sudah sebulanan ini. Selalu menari-nari di pikiran saya, apa yang bisa saya perbuat, apa ya aktivitas yang saya suka dan bisa menghasilkan. Akhirnya setelah ditelaah lebih jauh, kontemplasi saat cuci piring, tampaknya membuat blog secara serius adalah pilihan saya. Entah nantinya core blog nya apa, atau content nya apa, belum jelas sih.

Dan kebetulan banget, dapat flyer dari Rimbabaca tentang workshop yang diadakan sama Livinglovingnet. AAAAhhhh langsung colek Mama Najwa, cussssss kita ikutan workshopnya.

livingloving

Dan ternyata yaaaa.. so much we can do with our blog. Tergantung tujuan masing-masing juga sih ya, ada yang memang hanya untuk aktivitas sehari-hari, tapi ada juga yang added value misal untuk tambahan income. Dan kemarin dikupas tuntas tentang kedua hal tersebut.

Pemberi materi nya adalah Nike Prima dan Miranti Andi Kasim, keduanya adalah founder livinglovingnet. Saat workshop, mereka berdua berbagi pengalaman, bagaimana membuat blog, dan kemudian menjadikannya sebagai pekerjaan. Pekerjaan yang menyenangkan. Dan tentu saja menghasilkan income.

Pastinya kita harus tahu dulu, kita mau apa sama blog kita, main interest nya apa. Terus istilahnya kita bikin mapping content. Isinya apa, temanya apa. Bisa dibuat tema untuk perbulan. Dan kemudian konsisten menulis. Katakanlah seminggu dua kali. Sesuaikan dengan kemampuan dan waktu kita.

Kemudian, dari sisi promosi, dari pengalaman mereka ya, jadi mereka kirim email ke teman-teman terdekat, untuk mengenalkan blog mereka tersebut. Dan tentu saja, saat itu istilahnya soft launching ya, blog nya sudah harus udah ada isinya, paling gak sekitar 15an artikel.

Dan yang paling penting ketika kita memutuskan bahwa nge-blog ini akan menjadi “tujuan hidup” (hahaha lebay), kita harus KONSISTEN! dalam hal menampilkan tulisan, tema tulisan. Dan tentu saja sebaiknya tulisannya jangan yang abal-abal ya, harus disertai foto, rangkaian tulisan yang menarik dan juga hal/tema yang sedang hiitss.

Nah berangkat dari workshop ini, saya dan mamah najwa pun langsung cliiing punya berbagai ide. Doakan yah semoga ide-ide ini berhasilkan kami ejawantahkan dan segera launching, aamiiin.

Leave a comment